Senin, 01 Desember 2008

Sungguh, Anak-anak Tidak Pernah Berdosa

Whew...

besok udah ulangan umum... gile.. gw ama skali blm blajar apa" pula... ga tw deh musti gmana. Yg jelas, "together we can do it". Alias klw kita ngerjain soal dengan cara kerja sama, pasti hasilnya akan memuaskan! Hehe.. >:P

Nah, sebelum menghadapi ulangan, akan lebih baik jika diawali dengan berdoa. Yap, bukan menyiapkan contekan maupun bersiap" menyontek, tapi BERDOA!

Hari Minggu kemaren, tepatnya tanggal 30 November, gw pergi ke Gereja sendirian. Tidak, anda tidak salah baca. Perlukah saya mengejanya? S-E-N-D-I-R-I-A-N! Tepat sekali, SENDIRIAN! Gw ke Gereja hanya bermodalkan sebuah madah bakti dan sepucuk kertas berisikan injil. Tanpa siapapun yg menemani. & itu adalah pertama kalinya dihidup gw, gw ke Gereja sendiri tanpa bareng keluarga maupun temen.

Alasan mengapa gw bisa sampe ke Gereja sendirian dimulai ketika pada suatu pagi yg cerah (bukan dongeng, okeh??) nyokap ama kakak perempuan gw pergi ke Gereja pagi" sekali tepatnya sekitar jam 7 pagi, sementara bokap gw pergi melakukan pelayanan entah kemaning. & tragisnya, gw tidur pules. Ga dibangunin baik ama nyokap, kakak, maupun pembokat gw. Oke, gw tw itu ga sopan. Sebut saja pegawai. Ketika gw bangun, jam sudah menunjukan pukul *sensor*. & gw pun meloncat dari kasur, lalu berlari kearah ruang keluarga. Terdengarlah ledakan teriak gw;

gw: "Mbaak! Mama ama kakak dah ke Gereja ya??"

pgawai: "Iya, lha kamu dibangunin ga bangun" !"

gw: "Trus, mama ama kakak mana?"

pgawai: "Ke Sakura, beli DVD! dah pulang Gereja dari tadi pas kamu tidur!"

Dasar, gw emang kebo tidur sejati

Jadilah, gw sarapan, lalu menanti sambil bermain Warcraft di darling laptop gw. Nyokap & kakak gw pun pulang, membawa sekeresek DVD yg dibeli di Sakura. Sayangnya, gw kaga diajak". T_T

Siangnya, gw tidur dari jam stga 3 ampe jam 5. (Berapa jam tuh?? 2 setenga jam ya??). Gw pun dibangunkan dengan halus oleh pegawai gw.

pegawai: "Bangun! kmu disuru ke Gereja tuh!"

gw: "Haa~... napa kaga bangunin dari tadi?"

Sekali lagi, dasar kebo tidur yg kerjaannya tidur & hanya bisa dibangunin orang lain.

Gw pun terpontang-panting ke KMd, mandi dgn cekatan, lalu bersiap" berangkat dianter bokap gw yg baru aja pulang.

Sesampenya di Gereja, gw memilih tempat duduk rada belakang. Gw duduk di sisi paling kiri di bangku. Gw gugup. Takut" klw gw ga sengaja ngangkat kaki pas smwnya lagi berdoa. Di bangku sekitar gw sepi, & ini adalah pertama kalinya gw ke Gereja ga bareng ama org" yg gw kenal. Gw diem, duduk, bengong, jungkir balik, muter" sambil menggonggong, lompat" & gigit bangku. Tentu saja itu bohong. Gw diem. beberapa menit berlalu... dateng ibu" duduk di sebelah gw. Gw segera geser ke kanan untuk memberikan tempat bagi sang ibu" yg gw kaga kenal itu.

"Makasih!"

Kata sang ibu itu sambil senyum. Gw tw, klw aja guru bahasa Indonesia gw disitu saat itu jga, guru gw bakal menimpalinya dgn perkataan:

"Ibu, bu, bu, bu... Di kamus bahasa Indonesia tidak terdapat kata makasih! Yg benaar adalaah terima kasih!"

Gw pun membalasnya dgn senyuman. Tidak lama kemudian, dateng pula tante" duduk diantara gw & ibu" tadi. Lalu datang lagi satu keluarga dengan seorang anak kecil yg keliatannya rewel duduk dibangku depan gw. Anak kecil itu terlihat sedang menggenggam sebungkus piatos, yg seharusnya tidak diperbolehkan dibawa masuk kedalam Gereja. Bused dah, bau anak kecil itu kecium ampe blakang. Saking baunya, gw diem sambil menahan keinginan gw untuk berteriak: "anak kecil rese! sini, kakak contoin cara makan yg bener! tunjukin pantat lo ke orang sekitar lo kalw elo lagi makan!!". Untung ini Gereja. Gw bisa sabar.

Kekesalan gw ama anak kecil itu ga sampe disitu aja. Pas gw lagi serius dengerin khotbah dari sang Romo, anak kecil itu memulai aksinya. Pertama", dia mlototin gw. Heran deh, tu anak kaga perna liat orang seganteng gw apa? Gw sih cuek aja, & lgsg membalasnya dengan plototan tajam yg kata pegawai gw cukup serem untuk membuat orang utan lari terkencing". Anak itu lgsg sembunyi kebawah. Gw berhasil ngediemin tu anak! Pikir gw. Tapi ga ampe semenit, tu anak lagi" menongolkan mukanya dari bangku. Kali ini anak itu memeragakan ciluk baa yg mirip seperti yg perna dilakukan guru les gw yg bernama Aulia. Gw tetep cuek, nganggep tu anak ga ada. Tapi si anak tetep aja nglakuin hal aneh" yg bikin gedheg, yaitu nengok" ke bawah kursi sambil njulurin kepalanya yg bau bubur bayi kearah perut gw. Duh, ni anak minta dijitak kali ye! Lagi khusuknya org berdoa malah ngganggu. Sekali lagi, gw sabar. Ini Gereja. Ga pantes klw gw kehilangan kesabaran gw cuma gara" seorang anak berandal. Ibu dari anak itu menengok ke arah anak itu, lalu menariknya kepangkuannya. Gw pun tersenyum puas.

Beberapa menit setelah itu, si anak berhasil lolos dari pangkuan si ibu tanpa membuat si ibu sadar bahwa anaknya sudah lari dari pangkuannya. Anak itu lagi" membuat hal yg aneh". Kali ini si anak melambai"kan kedua tangannya, berusaha menghalangi pandangan gw ke altar. Gw gerakin kepala kekanan, dia ngikutin mindahin tangannya. Gw gerakin kepala kekiri, dia ngikutin mindahin tangannya. Hal ini terjadi berulang" sehingga gw pun terpaksa merem & pura" tidur. Si anak berhenti melambai"kan tangannya & duduk. Anak itu tampak puas karena sudah mengalahkan seorang pemuda bodoh yg jauh lebih tua darinya.

Akhirnya si ibu menyadari bahwa anaknya berjalan" diatas bangku & memukulnya. Gw ga denger apa kata si ibu, tapi yg gw tw, itu cukup membuat anak itu tak berkutik sehingga sekali lagi, gw bisa menunggingkan senyum kemenangan.

Gw ga habis pikir, kok anak kecil tu brani ya ganggu org yg lagi serius berdoa. Mungkin karena kepolosan mereka yg blm mengetahui luasnya dunia, atau karena kebodohan mereka sehingga ingin menambah dosa? Yg jelas, anak" kecil ga pernah punya niat jahat dalam melakukan kenakalan mereka yg kadang" bikin gemes. Jadi maafkanlah apa yg mereka perbuat.

1 komentar:

Sherly Oktaviani mengatakan...

selamat-selamat ketiduran...kamu mah di mana-mana tidur ya, bro!
ubah tuh kebiasaan buruk..